Piagam Komite Audit

PIAGAM KOMITE AUDIT
PT ALAKASA INDUSTRINDO TBK

Struktur Komite Audit

a. Anggota Komite Audit diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris;
b. Komite Audit sekurang-kurangnya terdiri dari 3 (tiga) orang anggota yang berasal dari 1 (satu) orang Komisaris Independen Perseroan dan 2 (dua) orang pihak eksternal yang independen;
c. Salah satu anggota Komite Audit yang berasal dari Komisaris Independen Perseroan bertindak sebagai Ketua Komite Audit.

Persyaratan Keanggotaan

a. Memiliki integritas yang tinggi, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang memadai sesuai dengan latar belakang pendidikannya, serta mampu berkomunikasi dengan baik;
b. Salah seorang dari anggota Komite Audit memiliki latar belakang pendidikan akuntansi atau keuangan;
c. Memiliki pengetahuan yang cukup untuk membaca dan memahami Laporan Keuangan;
d. Memiliki pengetahuan yang memadai tentang peraturan perundangan di bidang Pasar Modal dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya;
e. Bukan merupakan orang dalam Kantor Akuntan Publik yang memberikan jasa audit dan atau non audit dalam 1 (satu) tahun terakhir;
f. Bukan merupakan karyawan kunci dalam 1 (satu) tahun terakhir;
g. Tidak mempunyai saham, baik langsung maupun tidak langsung;
h. Tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, Komisaris, Direksi atau Pemegang Saham Utama;
i. Tidak memiliki hubungan usaha, baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha perseroan;
j. Tidak merangkap sebagai anggota Komita Audit pada Emiten atau Perusahaan Publik lain pada periode yang sama.

Persyaratan Keanggotaan

Komite Audit bertugas untuk memberikan pendapat profesional yang independen kepada Dewan Komisaris terhadap laporan atau hal-hal yang disampaikan oleh Direksi kepada Dewan Komsaris serta mengidentifikasi hal-hal yang memerlukan perhatian Dewan Komisaris, yang antara lain meliputi:
a. Membuat rencana kegiatan tahunan yang disetujui oleh Dewan Komsaris;
b. Melakukan penelaahan atas informasi keuangan yang akan dikeluarkan Perseroan seperti laporan keuangan, proyeksi, dan informasi keuangan lainnya;
c. Melakukan penelaahan atas ketaatan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal dan peraturan perundang-undangan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan;
d. Melakukan penelaahan atas rencana kerja dan pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal;
e. Menelaah independensi dan obyektifitas akuntan publik;
f. Melakukan penelaahan atas kecukupan pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik untuk memastikan semua resiko yang penting telah dipertimbangkan;
g. Melaporkan kepada Dewan Komisaris berbagai resiko yang dihadapi perusahaan dan pelaksanaan manajemen resiko oleh Direksi;
h. Melakukan penelaahan dan melaporkan kepada Dewan Komisaris atas pengaduan yang berkaitan dengan Perseroan;
i. Menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi Perseroan;
j. Membuat, mengkaji dan memperbaharui Pedoman Kerja Komite Audit.

Wewenang Komite Audit

a. Komite Audit berwenang untuk mengakses secara penuh, bebas dan tidak terbatas terhadap catatan, karyawan, dana, asset serta sumber daya Perseroan lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugasnya;
b. Dalam melaksanakan wewenang, Komite Audit wajib bekerja sama dengan auditor internal.

Rapat Komite Audit 

a. Komite Audit wajib mengadakan rapat sekurang-kurangnya 3  bulan sekali (per kuartal);
b. Rapat Komite Audit sekurang-kurangnya dihadiri oleh 2/3 dari jumlah anggota yang harus dihadiri oleh Ketua Komite Audit. Rapat tersebut dapat dihadiri oleh Dewan Komisaris;
c. Pengambilan keputusan harus disetujui oleh lebih dari ½ jumlah anggota Komite Audit yang hadir;
d. Rapat Komite Audit sekurang-kurangnya membicarakan:
1. Kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan Komite Audit dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya;
2. Hasil penelaahan atas informasi yang telah diterima Komite Audit.
e. Hasil-hasil rapat Komite Audit dituangkan dalam suatu risalah rapat.

Tanggung Jawab Pelaporan 

a. Komite Audit bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris atas pelaksanaan tugas yang telah ditentukan; 
b. Komite Audit wajib membuat laporan kepada Dewan Komisaris atas setiap penugasan yang diberikan;
c. Komite Audit wajib menyampaikan laporan atas aktifitasnya kepada Dewan Komisaris secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan;
d. Komite Audit membuat laporan tahunan kepada Dewan Komisaris mengenai pelaksanaan kegiatan Komite Audit dan dimuat pada laporan tahunan Perseroan, yang antara lain berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut:
1. Pelanggaran yang dilakukan oleh Perseroan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku (jika ada);
2. Kekeliruan/kesalahan dalam penyiapan laporan keuangan, pengendalian internal dan independensi akuntan publik (jika ada);
3. Review pelaksanaan total paket kompensasi Direksi dan Dewan Komisaris, sesuai ketetapan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Masa Tugas

a. Masa tugas anggota Komite Audit tidak boleh lebih lama dari masa tugas Dewan komisaris Perseroan, dan dapat dipilih kembali hanya untuk 1 (satu) periode  berikutnya;
b. Apabila anggota Dewan Komisaris yang menjadi Ketua Komite Audit berhenti sebelum masa tugasnya sebagai Komisaris Perseroan, maka Ketua Komite Audit digantikan oleh Komisaris Independen lainnya.

Ditetapkan di Jakarta  

Pada tanggal 27 Februari 2004

Catatan: Piagam Komite Audit – Revisi 2021

Maradona Parhorasan Manurung – Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointment as Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 248 dated June 23, 2023 with a term of office until the end of the 2024 AGMS

Work Experience

  • Audit committee of PT. Alakasa Industrindo Tbk (2019 – 2023)
  • Finance & Accounting Manager PT. Alakasa Industrindo Tbk (2014 – 2018)
  • Deputy Head of Accounting Department PT. Triputra Investindo Arya, Triputra Group (2014)
  • Finance & Accounting Assistant Manager PT. Gesit Perkasa (2013)
  • Finance Assistant Manager PT. Best World Indonesia, a subsidiary of Best World International Limited Singapore (2011 – 2013)
  • Senior Accountant PT. Baradinamika Mudasukses, Baramulti Group (2010)
  • Accounting Supervisor PT. Bahana Fortuna Niaga, Pintu Mas Mulia Kimia Group (2008 – 2010)

Education

Holder of Bachelor of Economics (Accounting Major) from Institut Bisnis Nusantara (IBN), Jakarta in 2008

Concurrent Position

Commissioner of PT. Rheem Indonesia

Commissioner of PT. Dharma Alumas Sakti

Fendra Hartanto – Vice President Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2024 GMS.

Work Experience

  • Group Head of Finance & Accounting PT. Lion Power Energi (2016 – 2018)
  • General Manager Business Control & Reporting PT. Atlas Resources Tbk (2012 – 2016)
  • Head of Process Improvement Star Energy Ltd  (2005 – 2012)
  • Management Support Manager PT AIA Indonesia (2003 – 2005)
  • Senior Internal Control PT. Argha Karya Prima Industry Tbk (2001 – 2003)
  • Corporate Efficiency Team pada Asia Pulp & Paper, Sinar Mas Group (1998 – 2001)

Education

Earned his Bachelor of Industrial Management & Technology from Parahyangan University in 1997.

Concurrent Potition

Director PT Alka Niaga Industri

Sucipto Tanro – President Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as President Director of the Company in accordance with the Deed of General Meeting of Shareholder (GMS) No. 186 dated 25 June 2021 with a term of office until the end of the 2024 GMS.

Work Experience

  • President Director of PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati and CEO of PT. Alakasa Extrusindo (2017-2021)
  • President Director of PT. Jaya Inti Persada (2012 – 2016)
  • General Manager Commercial & Business Development PT. Holcim Indonesia Tbk (2008 – 2011)
  • Director of Operations PT. Pionir Beton Industri (1998 – 2008)
  • Structural Engineer and Manager in several oil Contracting and Consulting companies (1987 – 1998)

Education

Holds a Bachelor’s degree in Civil Engineering from the Bandung Institute of Technology (1987)

Concurrent Potition

  • President Director of PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati (formerly PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati)
  • Director of PT. Rheem Indonesia

Suryadi Hertanto – Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2024 AGMS.

In 2003 – 2006 he joined the Company, then in 2013 he rejoined the Company holding various positions including:

  • As Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 73 dated June 10, 2016
  • As a Director of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 87 dated June 20, 2013, No. 100 dated February 26, 2013, No. 81 dated May 23, 2003

Work Experience

  • Director PT Bumi Grafika Jaya (1997 – now)
  • Jakarta Representative Manager PT Jasuindo Tiga Perkasa (1992-1997)
  • Finance Manager and Production Manager of PT Singa Java (1989-1992)
  • Finance Manager of PT Sarana Utama Aircon (1983-1989).

Education

Earned a Bachelor of   Economy from Diponegoro University, Semarang in 1982.

Concurrent Positions

Commissioner PT. Gesit Alumas

Bambang Rahardja Burhan – Vice President Commissioner – Independent Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Vice President Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2024 AGMS.

Since 2006 he has joined the Company holding various positions, including

  • As Vice President Commissioner of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 73 on 10 June 2016
  • As a Commissioner of the Company according to the Deed of AGMS No. 87 dated June 20, 2013, No. 71 dated 24 May 2010, No. 3 dated June 5, 2007, No.1 dated June 1, 2006.

Work Experience

  • Country Chief Financial Officer at Standard Chartered Bank Indonesia
  • Finance Manager at Aviva Hong Kong
  • Vice President at City Bank Indonesia

Education

Earned his Bachelor of Economics from University of Hull, England in 1978 and obtained  several professional titles, such as Chartered Accountant in England, Chartered Accountant  in Singapore, and Chartered Financial Analyst.

Concurrent Position

Peng Tjoan – President Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as President Commissioner in accordance with the Deed of GMS No. 186 dated 25 June 2021 with a term of office until the end of the 2024 GMS.

Since 2006 he has joined the Company holding various positions including:

  • As the President Director of the Company in accordance with the Deed of the GMS No. 30 dated June 21, 2019 and No. 73 June 10, 2016
  • As Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of the GMS No. 87 dated 20 June 2013 and No. 76 on 12 August 2011
  • As a Director of the Company according to the Deed of the GMS No. 71 dated 24 May 2010, No. 3 dated June 5, 2007 and No. 1 June 1st 2006

Work Experience

  • Manager of Finance and Accounting in PT Determinan Indah (1993-1999)
  • Audit supervisor at the public accounting firm “Hans Tuanakotta & Mustafa” (1988-1992)

Education

  • Earned a Diploma in Accounting from Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta in 1987
  • Bachelor of Economics from Institut  Bisnis Manajemen Indonesia (IBMI), Jakarta in 2001

Concurrent Positions

  • President Director PT. Gesit Perkasa
  • Director PT. Gesit Alumas
  • President Commissioner PT. Alakasa Extrusindo
  • Commissioner PT. Alakasa Alumina Refineri
  • Commissioner PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati