Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

1. Tanggung Jawab Lingkungan Hidup

Perusahaan, melalui Entitas Anak, PT. Alakasa Extrusindo (“AE”) dan PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati (“AAMS”) telah melakukan perencanaan  proses produksi yang efektif dan efisien sehingga mampu meminimalkan limbah buangan industri, dan sebagai upaya pengendalian pencemaran air limbah, Entitas Anak  juga telah memiliki instalasi pengelolaan air limbah, yaitu TPS limbah dan memisahkan tempat limbah B3 dan Non B3 agar  air limbah hasil pengelolaan tersebut sesuai dengan standar baku mutu lingkungan.

Produk yang dihasilkan Entitas Anak dibidang usaha industri aluminium ekstrusi, AE dan AAMS merupakan produk ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Untuk pengaduan masalah lingkungan, bila ada pengaduan dari masyarakat sekitar berkenaan dengan limbah, maka perusahaan melalui divisi produksi, dalam hal ini bagian Safety, Health & Environmental akan pro aktif dalam memperhatikan keluhan dan akan menanggapi keluhan tersebut dengan menjelaskan penyebab permasalahan lingkungan dan pastinya akan mencari solusi terhadap permasalahan yang ada.

Selama 2019  perusahaan tidak menerima  pengaduan terkait masalah lingkungan hidup.

Sertifikasi ISO 9001:2015 yang dimiliki oleh AE selaku entitas anak dengan masa berlaku adalah: 21 Januari 2019 sampai dengan 14 Januari 2020.

2. Tanggung Jawab Praktik Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Hubungan industrial yang kokoh antara Perusahaan dan seluruh karyawan merupakan salah satu kunci yang menentukan keberlanjutan bisnis Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan senantiasa terus berupaya untuk melaksanakan hak dan kewajiban karyawan sesuai dengan Peraturan Perusahaan dan Perundang-undangan yang berlaku.  Perusahaan juga berupaya untuk menciptakan serta memelihara hubungan kerja yang harmonis dan berkeadilan tanpa membedakan suku, ras, agama, golongan maupun gender baik antara karyawan maupun antara karyawan dan Perusahaan, serta dalam menjalankan proses promosi dan proses perekrutan karyawan baru.

Perusahaan melalui Entitas Anak, AAMS, selama tahun 2019 mendapatkan kunjungan kerja lapangan dari mahasiswa mahasiswi ITB yang ingin melakukan observasi langsung terhadap pelaksanaan  proses produksi yang berlangsung di AAMS.

Perusahaan dan Entitas Anak juga telah  menerapkan praktik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang meliputi pelayanan kesehatan kerja dengan mendirikan klinik di lingkungan Perusahaan sendiri. Dengan adanya klinik di lingkungan Perusahaan, karyawan dapat memanfaatkan secara optimal pelayanan kesehatan guna menjaga kesehatan fisiknya.

Perusahaan melalui Entitas Anak, selama tahun 2019, mencatatkan turn over yang rendah, dimana pada umumnya terjadi karena telah berakhirnya masa kontrak. Selain itu, perlu kami informasikan bahwa selama tahun 2019 tidak terjadi kecelakaan kerja.

Perusahaan melalui Entitas Anak, AAMS selama tahun 2019 telah melakukan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas kerja bagi operator diantaranya pelatihan kerja untuk meningkatkan kualitas produk oleh tenaga ahli dari SANKIN Corp. dan Pelatihan AUTOCAD Inventor untuk Staff R & D oleh tenaga ahli dari PT Alexindo.

Terdapat beberapa tahapan mekanisme/penyelesaian pengaduan masalah ketenagakerjaan, pertama-tama pekerja dapat  menyampaikan  keluh  kesah/pengaduan  dalam  kesempatan  pertama kepada atasan langsung baik lisan maupun tulisan. Selanjutnya apabila  pekerja  merasa  tidak  puas,  maka  pekerja  dapat  meminta  penyelesaian dari Departemen HR & Admin maupun dari atasan yang lebih tinggi. Apabila  penyampaian  keluh  kesah  atau  masalah ternyata  belum  atau  tidak  teratasi, maka kedua  belah  pihak  dapat  meminta bantuan  kepada  instansi  ketenagakerjaan setempat untuk dapat dilakukan mediasi.

3. Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Selama tahun 2019 Perusahaan telah memberikan sumbangan dana untuk kejuaraan Bulu Tangkis Kujang Sakti di Bogor sebesar Rp. 15.000.000,-, memberikan dana bantuan untuk Musdad, Posyandu, Masjid, Jalan Gereja, Kantor Camat, Pos Kamling di daerah Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat sebesar Rp. 45.495.000,-, memberikan sumbangan dalam rangka HUT Bhayangkara sebesar Rp. 5.000.000,-, kemudian memberikan sumbangan dalam rangka kegiatan “Jelajah Garis Batas” dalam rangka HUT TNI ke 74 sebesar Ro. 5.000.000,-, dan sumbangan tahunan untuk Yayasan Pembinaan Anak Cacat Jakarta sebesar Rp. 120.000.000,-

4. Tanggung Jawab Barang dan/atau Jasa

Sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Kode Etik dan Perilaku Bisnis Perusahaan bahwa pada prinsipnya perusahaan melakukan kegiatan usahanya atas dasar kekuatan produk dan jasa dalam hal Quallity, Cost, Delivery, Safety dan Moral (QCDSM) serta komitmen pada kepuasan Pelanggan.

Informasi tentang produk dan jasa, baik secara lisan maupun melalui brosur, iklan dan materi promosi lainnya, disampaikan secara jelas, benar dan akurat, serta tidak memberikan harapan yang berlebihan sehingga tidak menimbulkan salah penafsiran di kemudian hari yang dapat merusak citra perusahaan. Perusahaan memberikan layanan yang terbaik kepada semua Pelanggan.

Entitas Anak AE dan AAMS memiliki prosedur bahwa setiap barang yang dihasilkan dan dikirimkan kepada konsumen telah melewati proses pengecekan kualitas yang ketat sesuai dengan standar kualitas mutu dan SOP,  serta mempunyai Customer Service di bawah Pengawasan Departemen Sales & Marketing, yang bertanggung jawab dalam menjawab dan mengurus serta menindaklanjuti semua pengaduan konsumen mengenai produk yang dihasilkan oleh AE dan AAMS.

Maradona Parhorasan Manurung – Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointment as Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 248 dated June 23, 2023 with a term of office until the end of the 2024 AGMS

Work Experience

  • Audit committee of PT. Alakasa Industrindo Tbk (2019 – 2023)
  • Finance & Accounting Manager PT. Alakasa Industrindo Tbk (2014 – 2018)
  • Deputy Head of Accounting Department PT. Triputra Investindo Arya, Triputra Group (2014)
  • Finance & Accounting Assistant Manager PT. Gesit Perkasa (2013)
  • Finance Assistant Manager PT. Best World Indonesia, a subsidiary of Best World International Limited Singapore (2011 – 2013)
  • Senior Accountant PT. Baradinamika Mudasukses, Baramulti Group (2010)
  • Accounting Supervisor PT. Bahana Fortuna Niaga, Pintu Mas Mulia Kimia Group (2008 – 2010)

Education

Holder of Bachelor of Economics (Accounting Major) from Institut Bisnis Nusantara (IBN), Jakarta in 2008

Concurrent Position

Commissioner of PT. Rheem Indonesia

Commissioner of PT. Dharma Alumas Sakti

Fendra Hartanto – Vice President Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2024 GMS.

Work Experience

  • Group Head of Finance & Accounting PT. Lion Power Energi (2016 – 2018)
  • General Manager Business Control & Reporting PT. Atlas Resources Tbk (2012 – 2016)
  • Head of Process Improvement Star Energy Ltd  (2005 – 2012)
  • Management Support Manager PT AIA Indonesia (2003 – 2005)
  • Senior Internal Control PT. Argha Karya Prima Industry Tbk (2001 – 2003)
  • Corporate Efficiency Team pada Asia Pulp & Paper, Sinar Mas Group (1998 – 2001)

Education

Earned his Bachelor of Industrial Management & Technology from Parahyangan University in 1997.

Concurrent Potition

Director PT Alka Niaga Industri

Sucipto Tanro – President Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as President Director of the Company in accordance with the Deed of General Meeting of Shareholder (GMS) No. 186 dated 25 June 2021 with a term of office until the end of the 2024 GMS.

Work Experience

  • President Director of PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati and CEO of PT. Alakasa Extrusindo (2017-2021)
  • President Director of PT. Jaya Inti Persada (2012 – 2016)
  • General Manager Commercial & Business Development PT. Holcim Indonesia Tbk (2008 – 2011)
  • Director of Operations PT. Pionir Beton Industri (1998 – 2008)
  • Structural Engineer and Manager in several oil Contracting and Consulting companies (1987 – 1998)

Education

Holds a Bachelor’s degree in Civil Engineering from the Bandung Institute of Technology (1987)

Concurrent Potition

  • President Director of PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati (formerly PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati)
  • Director of PT. Rheem Indonesia

Suryadi Hertanto – Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2024 AGMS.

In 2003 – 2006 he joined the Company, then in 2013 he rejoined the Company holding various positions including:

  • As Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 73 dated June 10, 2016
  • As a Director of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 87 dated June 20, 2013, No. 100 dated February 26, 2013, No. 81 dated May 23, 2003

Work Experience

  • Director PT Bumi Grafika Jaya (1997 – now)
  • Jakarta Representative Manager PT Jasuindo Tiga Perkasa (1992-1997)
  • Finance Manager and Production Manager of PT Singa Java (1989-1992)
  • Finance Manager of PT Sarana Utama Aircon (1983-1989).

Education

Earned a Bachelor of   Economy from Diponegoro University, Semarang in 1982.

Concurrent Positions

Commissioner PT. Gesit Alumas

Bambang Rahardja Burhan – Vice President Commissioner – Independent Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Vice President Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2024 AGMS.

Since 2006 he has joined the Company holding various positions, including

  • As Vice President Commissioner of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 73 on 10 June 2016
  • As a Commissioner of the Company according to the Deed of AGMS No. 87 dated June 20, 2013, No. 71 dated 24 May 2010, No. 3 dated June 5, 2007, No.1 dated June 1, 2006.

Work Experience

  • Country Chief Financial Officer at Standard Chartered Bank Indonesia
  • Finance Manager at Aviva Hong Kong
  • Vice President at City Bank Indonesia

Education

Earned his Bachelor of Economics from University of Hull, England in 1978 and obtained  several professional titles, such as Chartered Accountant in England, Chartered Accountant  in Singapore, and Chartered Financial Analyst.

Concurrent Position

Peng Tjoan – President Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as President Commissioner in accordance with the Deed of GMS No. 186 dated 25 June 2021 with a term of office until the end of the 2024 GMS.

Since 2006 he has joined the Company holding various positions including:

  • As the President Director of the Company in accordance with the Deed of the GMS No. 30 dated June 21, 2019 and No. 73 June 10, 2016
  • As Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of the GMS No. 87 dated 20 June 2013 and No. 76 on 12 August 2011
  • As a Director of the Company according to the Deed of the GMS No. 71 dated 24 May 2010, No. 3 dated June 5, 2007 and No. 1 June 1st 2006

Work Experience

  • Manager of Finance and Accounting in PT Determinan Indah (1993-1999)
  • Audit supervisor at the public accounting firm “Hans Tuanakotta & Mustafa” (1988-1992)

Education

  • Earned a Diploma in Accounting from Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta in 1987
  • Bachelor of Economics from Institut  Bisnis Manajemen Indonesia (IBMI), Jakarta in 2001

Concurrent Positions

  • President Director PT. Gesit Perkasa
  • Director PT. Gesit Alumas
  • President Commissioner PT. Alakasa Extrusindo
  • Commissioner PT. Alakasa Alumina Refineri
  • Commissioner PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati