Pedoman Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Daftar Isi:
I. Pendahuluan – Latar Belakang
II. Tujuan dan Prinsip GCG
a. Tujuan GCG
b. Prinsip GCG
III. Visi, Misi dan Nilai Perusahaan
a. Visi
b. Misi
c. Nilai-nilai Perusahaan
IV. Penerapan GCG
a. Struktur GCG
b. Manfaat GCG
c. Implementasi GCG
d. Pedoman GCG Dalam Standar Perilaku Perusahaan
e. Komunikasi Perusahaan

BAGIAN I

Pendahuluan – Latar Belakang

Sebagai Perusahaan publik PT. Alakasa Industrindo Tbk berkomitmen untuk menerapkan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) untuk meningkatkan nilai optimal Perusahaan terhadap segenap pemangku kepentingan, yaitu pemegang saham, mitra usaha, pelanggan dan masyarakat.

Untuk dapat meningkatkan kinerja dan kepatuhan terhadap implementasi prinsip-prinsip GCG, Perseroan menyusun Pedoman GCG dan wajib diterapkan oleh seluruh individu dalam Perseroan. 

Penyusunan Pedoman GCG Perseroan berdasarkan Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”), Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 21/POJK.04/2015 tentang Penerapan Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 32/SEOJK.04/2015 tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka.

BAGIAN II

Tujuan dan Prinsip-Prinsip 

Tujuan penerapan GCG adalah:

a) Memaksimalkan nilai Perusahaan bagi Pemegang Saham dan pemangku kepentingan dengan cara meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran dalam pelaksanaan kegiatan Perusahaan. 
b) Memaksimalkan pengelolaan Perusahaan secara professional, serta  memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian organ Perusahaan;
c) Pemegang Saham, Dewan Komisaris, dan Direksi dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi serta kepatuhan terhadap ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Prinsip-prinsip GCG:

1. Tranparansi 
Untuk menjaga objektivitas dalam menjalankan bisnis, Perusahaan harus menyediakan informasi yang material, relevan, tepat waktu dengan cara yang mudah diakses dan mudah dipahami oleh pemangku kepentingan. 

2. Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah salah satu prinsip GCG yang menekankan pada pentingnya kejelasan sistem pengawasan yang efektif berdasarkan pembagian fungsi, tugas dan tanggung jawab, wewenang, diantara Dewan Komisaris, Direksi dan Pemegang Saham sehingga pengelolaan Perusahaan terlaksana secara efektif.

3. Tanggung Jawab
Bentuk pertanggung jawaban Perusahaan adalah kepatuhan di dalam pengelolaan Perusahaan sesuai peraturan yang berlaku. Dalam kegiatan operasionalnya, Perusahaan mempunyai peran untuk bertanggung jawab kepada Pemegang Saham, dan juga kepada pemangku kepentingan lainnya.

4. Independensi
Perusahaan dikelola secara professional tanpa ada benturan kepentingan dan tanpa tekanan atau intervensi dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Setiap organ Perusahaan melaksanakan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya sesuai Anggaran Dasar dan peraturan perundangan yang berlaku.

5. Kewajaran
Perlakuan yang adil dan setara dalam memenuhi hak-hak para pemangku kepentingan yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundangan yang berlaku. 

BAGIAN III

Visi, Misi, Nilai Perusahaan 

a. Visi
Menjadi Perusahaan yang berkompeten di dalam bisnis aluminium dari hulu hingga ke hilir.

b. Misi
• Melakukan riset pengembangan usaha dari hulu hingga ke hilir dalam bisnis aluminium;
• Melakukan pendayagunaan sumber daya potensial untuk mendukung strategi pengembangan usaha;
• Membangun profesionalisme melalui pengembangan kemampuan, pemuktahiran proses, sistem operasional dan manajemen;
• Memberikan nilai tambah bagi pemegang saham, pelanggan, karyawan dan masyarakat.

c. Nilai-nilai Perusahaan
• Integrity:   Berpikir, berbicara, bertindak jujur dan beretika;
Untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, setiap karyawan harus berpikir, berbicara, bertindak jujur dan beretika. Memiliki integritas yang baik adalah dasar yang kuat dalam membangun kepercayaan;

• Respect:   Berempati, mendengarkan orang lain dan memberikan tanggapan yang beretika;
Untuk membangun sebuah tim yang harmonis, setiap orang harus saling menghormati, contoh: memiliki empati yang baik, mendengarkan orang lain dan memberikan respon yang beretika di tempat kerja. Tim yang harmonis adalah dasar/pondasi untuk tim yang bersinergi.

Budaya Respect atau saling menghormati antar karyawan, baik secara vertikal maupun horizontal akan menciptakan iklim kerja yang dapat memicu keharmonisan dan kreatifitas.

• Competency:   Memiliki pengetahuan, terampil dan memiliki sikap yang baik;
Untuk memberikan nilai dan mampu bekerja secara efektif, setiap orang harus kompeten di berbagai aspek: teknik, bisnis, manajemen dan kepemimpinan.

Competency adalah keterampilan yang mutlak dimiliki oleh setiap individu untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaannya. Kompetensi akan mencakup hal-hal teknis dan non teknis dalam satu kesatuan, antara lain kompetensi manajemen, kepemimpinan dan bisnis.

• Passion:   Terlibat dan Bertanggung jawab penuh dengan masing-masing pekerjaan.
Passion adalah motivasi kerja individu dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan, merupakan kondisi yang sangat penting untuk diciptakan di setiap karyawan. Passion dapat dibentuk dengan penempatan karyawan sesuai bakat, minat dan kompetensi, dipadukan dengan hubungan interpersonal yang baik.

BAGIAN IV

Penerapan GCG

a. Struktur GCG
Struktur GCG meliputi organ utama dan organ pendukung.

Organ Utama meliputi:

1) Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
RUPS merupakan organ Perseroan yang memiliki kewenangan ekslusif yang tidak diberikan kepada Direksi dan Dewan Komisaris. Kewenangan RUPS, bentuk dan luasannya, ditentukan dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas dan Anggaran Dasar Perseroan.

RUPS merupakan wadah bagi para Pemegang Saham untuk mengambil keputusan penting berkaitan dengan modal yang ditanam dalam Perusahaan, dengan memperhatikan ketentuan Anggaran Dasar dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Wewenang RUPS

RUPS memiliki kewenangan untuk:

a. Mengangkat dan memberhentikan Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan.
b. Menerima pengunduran diri Direksi atau Dewan Komisaris.
c. Menetapkan pembagian tugas dan wewenang setiap anggota Direksi, setelah mendengar pendapat Dewan Komisaris dan kewenangan ini dapat dilimpahkan kepada Dewan Komisaris.
d. Menilai kinerja Direksi dan Dewan Komisaris, baik secara kolektif maupun individu.
e. Menetapkan remunerasi Direksi dan Dewan Komisaris.
f. Menerima dan mengesahkan atau menolak laporan tahunan Perusahaan yang telah diaudit oleh akuntan publik dengan memperhatikan juga kualitas laporan penerapan GCG di Perusahaan.
g. Menetapkan perhitungan alokasi laba bersih Perusahaan.
h. Menetapkan akuntan publik untuk melakukan audit keuangan atas laporan keuangan.
i. Memutuskan antara lain: perubahan jumlah modal, perubahan Anggaran Dasar Perusahaan, penggabungan, peleburan, dan pengambilalihan, pembubaran Perusahaan, investasi/divestasi material yang memenuhi kriteria 10% dari revenue atau 20% dari ekuitas.
j. Memberikan persetujuan untuk mengalihkan atau melepaskan hak atau menjadikan jaminan utang yang jumlahnya lebih dari 50% dari harta kekayaan Perusahaan.
k. Memutuskan hal-hal yang mempunyai benturan kepentingan, yang pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar.
l. Menetapkan transaksi material dan perubahan kegiatan usaha.

Pelaksanaan RUPS dan Aturan Penyelenggaraan RUPS

– Pelaksanaan RUPS dan aturan penyelenggaran RUPS telah diatur secara jelas dalam Anggaran Dasar Perusahaan.
– Ringkasan risalah RUPS tersedia dalam situs web Perusahaan Terbuka paling sedikit selama 1 (satu) tahun.

2) Dewan Komisaris
Tugas dan wewenang Dewan Komisaris telah diatur dalam Pedoman dan Kode Etik Dewan Komisaris.

3) Direksi
Tugas dan wewenang Direksi telah diatur dalam Pedoman dan Kode Etik Direksi.

Organ Pendukung meliputi:

1) Komite Audit:
Tugas dan wewenang Komite Audit telah tercantum dalam Piagam Komite Audit.

2) Sekretaris Perusahaan
Fungsi utama Sekretaris Perusahaan adalah:

– Mengikuti perkembangan ketentuan Undang-Undang Pasar Modal dan peraturan pelaksanaannya, termasuk tata kelola di Perusahaan dan mengaplikasikannya ke dalam ketentuan yang ada di Perusahaan.
– Sebagai penghubung atau contact person antara Perusahaan dengan Pemegang Saham, OJK, Bursa dan pemangku kepentingan lainnya.
– Membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola  Perusahaan yang meliputi:

a. Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada Situs Web Emiten atau Perusahaan Publik.
b. Penyampaian laporan ke OJK dan Bursa tepat waktu.
c. Penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham.

3) Unit Audit Internal
Tugas dan wewenang Unit Audit Internal telah tercantum dalam Piagam Unit Audit Internal.

b. Manfaat GCG
– Meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, bertanggung jawab, kemandirian dan kewajaran atau kesetaraan  agar Perusahaan memiliki daya saing yang kuat.
– Perusahaan dikelola secara professional, transparan, efisien serta memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian Dewan Komisaris, Direksi dan Rapat Umum Pemegang Saham.
– Pemegang Saham, Dewan Komisaris, dan Direksi dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
– Menciptakan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, etika dan keterbukaan sehingga akan meningkatkan kinerja dan produktivitas seluruh karyawan.

c. Implementasi GCG
– Perseroan menekankan implementasi prinsip-prinsip GCG pada setiap aktivitas Perseroan.
– Perseroan memiliki pedoman kode etik dan perilaku bisnis Perusahaan yang bersifat menyeluruh untuk diterapkan oleh karyawan.
– Pedoman kode etik dan perilaku bisnis Perusahaan menjadi acuan setiap individu dalam menjalankan misi untuk mencapai visi Perseroan.

d. Pedoman GCG dalam standar perilaku Perusahaan
Perseroan memiliki pedoman kode etik dan perilaku bisnis yang merupakan bagian dari peraturan internal perusahaan yang wajib dipatuhi oleh seluruh karyawan perusahaan. Standar perilaku Perseroan merupakan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung nilai-nilai kejujuran, etika dan keterbukaan. Kode etik dan perilaku bisnis Perusahaan juga  merupakan elemen penting dalam kerangka penerapan praktik GCG bagi Perusahaan.

e. Komunikasi Perusahaan
Komunikasi dengan Pemegang Saham atau Investor dilakukan melalui:

– Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
RUPS merupakan forum yang menjamin hak para pemegang saham. Dalam forum ini pemegang saham dapat bertemu dengan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, serta dapat mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan acara rapat yang diagendakan.

– Paparan Publik (Public Expose)
Public Expose merupakan media komunikasi antara pihak Manajemen Perseroan yaitu Direksi dan Dewan Komisaris dengan publik termasuk investor, manajer investasi, media, dll.

Untuk menyampaikan kondisi terkini Perseroan kepada Pemegang Saham dan publik, Perseroan menyelenggarakan Public Expose atau Paparan Publik sedikitnya 1 (satu) kali dalam setahun.

– Laporan Tahunan
Laporan Tahunan merupakan gambaran mengenai kinerja Perseroan dalam satu tahun. 

Dalam Laporan Tahunan disampaikan laporan pertanggungjawaban Dewan Komisaris,  laporan pertanggungjawaban Direksi, Profil Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, Analisa dan Pembahasan Manajemen, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Laporan Keuangan Tahunan yang telah diaudit, serta informasi lainnya.

– Website Perseroan
Website Perseroan memuat informasi mengenai Perseroan dan menyediakan akses terhadap informasi mengenai Perseroan yang relevan bagi para Pemegang Saham dan publik pada umumnya.

Pada website, Perseroan mengungkapkan informasi mengenai Perseroan, Laporan Keuangan Berkala, Laporan Tahunan, publikasi iklan, Informasi mengenai RUPS, dan lainnya.

Informasi pada website Perseroan senantiasa dikaji dan diperbaharui.

– Laporan Keuangan
Laporan Keuangan mencerminkan kinerja Perseroan selama periode Laporan Keuangan yang dimaksud. Publikasi Laporan Keuangan dilakukan secara tepat waktu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Perseroan berupaya untuk dapat mengungkapkan informasi keuangan yang wajar, berimbang dan dapat dipahami sehingga para Pemegang Saham atau Investor dapat menilai kinerja dan kondisi keuangan Perseroan.

– Laporan kepada Regulator melalui website Regulator

Perseroan juga menyampaikan pelaporan melalui website regulator yang dapat diakses oleh Publik.

– Surat Kabar
Perseroan menggunakan Surat Kabar yang memiliki peredaran nasional untuk mempublikasikan informasi penting yang perlu diketahui oleh para pemegang saham atau Investor.

– Akses Email Perseroan
Pemegang Saham juga dapat menghubungi melalui telephone atau mengirimkan email kepada corporate secretary Perseroan melalui alamat email yaitu: alakasa@indosat.net.id.

Antonius Wahyu Djatmiko – Komisaris Independen

Kewarganegaraan Indonesia

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai  Komisaris Perseroan sesuai Akta RUPST No. 38 tanggal 28 Juni 2024 dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

Pengalaman Kerja

  • Direktur PT Windas Development (2018-2024)
  • Komisaris  PT Medialand Internasional (2009 – Present)
  • Presiden Direktur PT Gading Development Tbk (2013-2014)
  • Salah satu Pendiri & Direktur  PT Graha Layar Prima (2006-2012)
  • Presiden Direktur PT Deyon Resources (2006-2012)
  • Pimpinan PT Premier Qualitas Indonesia (2006-2012)
  • Country Managing Director CB Richard Ellis Indonesia (2000-2006)
  • Asisten Wakil Presiden  Citibank NA (1994-2000)
  • Corporate Secretary PT Jaya Real Property Tbk (1993-1994)

Riwayat Pendidikan

  • National Leadership Training dari Lemhannas RI PPSA24 tahun 2023
  • Meraih gelar MBA dari University of Chicago Booth School of Business, Chicago, Amerika Serikat  tahun 2005
  • Meraih BSc in Finance dari George Mason University, Virginia, Amerika Serikat tahun 1993

Concurrent Positions

Antonius Wahyu Djatmiko – Independent Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Independent Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated June 28, 2024 with a term of office until the end of the 2029 AGMS.

Work Experience

  • Board of Directors PT Windas Development (2018-2024)
  • Commissioner PT Medialand Internasional (2009 – Present)
  • President Director PT Gading Development Tbk (2013-2014)
  • Co-Founder & Director PT Graha Layar Prima (2006-2012)
  • President Director PT Deyon Resources (2006-2012)
  • Chairman PT Premier Qualitas Indonesia (2006-2012)
  • Country Managing Director CB Richard Ellis Indonesia (2000-2006)
  • Assistant Vice President Citibank NA (1994-2000)
  • Corporate Secretary PT Jaya Real Property Tbk (1993-1994)

Education

  • National Leadership Training from Lemhannas RI PPSA24 in 2023
  • Earned MBA from University of Chicago Booth School of Business, Chicago, United States of America in 2005
  • Earned BSc in Finance from George Mason University, Virginia, United States of America in 1993

Concurrent Positions

Bambang Rahardja Burhan – Wakil Presiden Komisaris – Komisaris Independen

Kewarganegaraan Indonesia

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai  Wakil Presiden Komisaris sesuai Akta RUPST No. 38 tanggal 28 Juni 2024, Akta No. 30 tanggal 21 Juni 2019, Akta No. 73 tanggal 10 Juni 2016, dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

Sejak tahun 2006 telah bergabung dengan Perseroan dengan memegang berbagai jabatan antara lain :

  • Sebagai Komisaris Perseroan sesuai Akta RUPST No. 87 tanggal 20 Juni 2013, No. 71 tanggal 24 Mei 2010, No. 3 tanggal 5 Juni 2007,  No. 1 tanggal 1 Juni 2006

Pengalaman Kerja

  • Country Chief Financial Officer pada Standard Chartered Bank Indonesia
  • Manager Keuangan pada Aviva Hong Kong
  • Wakil Presiden Citibank Indonesia

Riwayat Pendidikan

Meraih gelar B.Sc bidang ekonomi dari Universitas Hull, Inggris tahun 1978 serta meraih beberapa gelar profesi diantaranya Chartered  Accountant di Inggris, Chartered Accountant di Singapura, dan Chartered Financial Analyst.

Rangkap Jabatan

Fendra Hartanto – Wakil Presiden Direktur

Kewarganegaraan Indonesia

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan sesuai Akta RUPS  No. 38 tanggal 28 Juni 2024, Akta No. 30 tanggal 21 Juni 2019, dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

Pengalaman Kerja

  • Group Head of Finance & Accounting PT. Lion Power Energi (2016 – 2018)
  • General Manager of Business Control & Reporting PT. Atlas Resources Tbk (2012 – 2016)
  • Head of Process Improvement Star Energy Ltd  (2005 – 2012)
  • Management Support Manager PT AIA Indonesia (2003 – 2005)
  • Senior Internal Control PT. Argha Karya Prima Industry Tbk (2001 – 2003)
  • Corporate Efficiency Team of Asia Pulp & Paper, Sinar Mas Group (1998 – 2001)

Riwayat Pendidikan

Meraih gelar Sarjana Manajemen Industri dan Teknologi dari Universitas Katolik Parahyangan tahun 1997.

Rangkap Jabatan

Direktur PT. Alka Niaga Industri

Sucipto Tanro – Presiden Direktur

Kewarganegaraan Indonesia

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai  Presiden  Direktur Perseroan sesuai Akta RUPS No. 38, tanggal 28 Juni 2024, Akta No. 186 tanggal 25 Juni 2021, dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

Pengalaman Kerja

  • Presiden Direktur PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati serta CEO PT. Alakasa Extrusindo (2017-2021)
  • Presiden Direktur PT. Jaya Inti Persada (2012 – 2016)
  • General Manager Commercial & Business Development PT. Holcim Indonesia Tbk (2008 – 2011)
  • Direktur Operasional PT. Pionir Beton Industri (1998 – 2008)
  • Structural Engineer dan Manager di beberapa perusahaan Kontraktor dan Konsulta perminyakan (1987 – 1998)

Riwayat Pendidikan

Meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung (1987)

Rangkap Jabatan

  • Presiden Direktur PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati (d/h. PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati)
  • Direktur PT. Rheem Indonesia

Suryadi Hertanto – Komisaris

Kewarganegaraan Indonesia

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai  Komisaris Perseroan sesuai Akta RUPST No. 38 tanggal 28 Juni 2024, No. 30 tanggal 21 Juni 2019, dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

Tahun 2003 – 2006 bergabung dengan Perseroan, kemudian tahun 2013 kembali bergabung  dengan Perseroan dengan memegang berbagai jabatan antara lain:

  • Sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan sesuai Akta RUPST No. 73 tanggal 10 Juni 2016
  • Sebagai Direktur Perseroan sesuai Akta RUPST No. 87 tanggal 20 Juni 2013, No. 100 tanggal 26 Februari 2013, No. 81 tanggal 23 Mei 2003

Pengalaman Kerja

  • Direktur PT Bumi Grafika Jaya (1997-sekarang)
  • Manajer Perwakilan Jakarta PT Jasuindo Tiga Perkasa (1992-1997)
  • Manajer Keuangan dan Manajer Produksi PT Singa Djawa (1989-1992)
  • Manajer Keuangan PT Sarana Utama Aircon (1983-1989)

Riwayat Pendidikan

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Diponegoro, Semarang tahun 1982.

Rangkap Jabatan

  • Komisaris PT. Gesit Alumas
  • Direktur PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati

Peng Tjoan – Presiden Komisaris

Kewarganegaraan Indonesia

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai  Presiden Komisaris sesuai Akta RUPS No. 38 tanggal 28 Juni 2024, Akta No. 186 tanggal 25 Juni 2021, dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

Sejak tahun 2006 telah bergabung dengan Perseroan dengan memegang berbagai jabatan antara lain:

  • Sebagai Presiden Direktur Perseroan sesuai Akta RUPS No.  30 tanggal 21 Juni 2019 dan No. 73 tanggal 10 Juni 2016
  • Sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan sesuai Akta RUPS No. 87 tanggal 20 Juni 2013 dan No. 76 tanggal 12 Agustus 2011
  • Sebagai Direktur Perseroan sesuai Akta RUPS No. 71 tanggal 24 Mei 2010, No. 3 tanggal 5 Juni 2007 dan No. 1 tanggal 1 Juni 2006

Pengalaman Kerja

  • Manajer Keuangan dan Akuntansi PT Determinan Indah (1993-1999)
  • Audit supervisor pada Kantor Akuntan Publik “Hans Tuanakotta & Mustofa” (1988-1992)

Riwayat Pendidikan

  • Meraih gelar Diploma III Akuntansi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta tahun 1987
  • Meraih Sarjana Ekonomi dari Institut Bisnis Manajemen Indonesia (IBMI), Jakarta tahun 2001

Rangkap Jabatan

  • Presiden Direktur PT. Gesit Perkasa
  • Direktur PT. Gesit Alumas
  • Presiden Komisaris PT. Alakasa Extrusindo
  • Komisaris PT. Alakasa Alumina Refineri
  • Komisaris Utama PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati

Maradona Parhorasan Manurung – Direktur

 Kewarganegaraan     Indonesia

 

Dasar Hukum Pengangkatan

Diangkat sebagai Direktur Perseroan sesuai Akta RUPS No. 38 tanggal 28 Juni 2024, Akta No. 248 tanggal 23 Juni 2023 dengan masa jabatan hingga berakhirnya RUPST 2029.

 

Pengalaman Kerja

▪ Komite Audit PT. Alakasa Industrindo Tbk (2019 – 2023)

▪ Manajer Keuangan dan Akuntansi PT. Alakasa Industrindo Tbk (2014 – 2018).

▪ Deputi Kepala Departemen Akuntansi PT. Triputra Investindo Arya, Triputra Group (2014).

▪  Asisten Manajer Keuangan dan Akuntansi PT. Gesit Perkasa (2013).

▪ Asisten Manajer Keuangan PT. Best World Indonesia, a subsidiary of Best World International Limited Singapore (2011 – 2013)

▪ Senior Akuntan PT. Baradinamika Mudasukses, Baramulti Group (2010)

▪ Supervisor Akuntansi PT. Bahana Fortuna Niaga, Pintu Mas Mulia Kimia Group (2008 – 2010).

Riwayat Pendidikan

Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Institut Bisnis Nusantara (IBN), Jakarta tahun 2008.

Rangkap Jabatan

▪ Komisaris PT. Rheem Indonesia

▪ Komisaris  PT. Dharma Alumas Sakti

Maradona Parhorasan Manurung – Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointment as Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated June 28, 2024, the Deed No. 248 dated June 23, 2023 with a term of office until the end of the 2029 AGMS.

Work Experience

  • Audit committee of PT. Alakasa Industrindo Tbk (2019 – 2023)
  • Finance & Accounting Manager PT. Alakasa Industrindo Tbk (2014 – 2018)
  • Deputy Head of Accounting Department PT. Triputra Investindo Arya, Triputra Group (2014)
  • Finance & Accounting Assistant Manager PT. Gesit Perkasa (2013)
  • Finance Assistant Manager PT. Best World Indonesia, a subsidiary of Best World International Limited Singapore (2011 – 2013)
  • Senior Accountant PT. Baradinamika Mudasukses, Baramulti Group (2010)
  • Accounting Supervisor PT. Bahana Fortuna Niaga, Pintu Mas Mulia Kimia Group (2008 – 2010)

Education

Holder of Bachelor of Economics (Accounting Major) from Institut Bisnis Nusantara (IBN), Jakarta in 2008

Concurrent Position

Commissioner of PT. Rheem Indonesia

Commissioner of PT. Dharma Alumas Sakti

Fendra Hartanto – Vice President Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated June 28, 2024, the Deed No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2029 GMS.

Work Experience

  • Group Head of Finance & Accounting PT. Lion Power Energi (2016 – 2018)
  • General Manager Business Control & Reporting PT. Atlas Resources Tbk (2012 – 2016)
  • Head of Process Improvement Star Energy Ltd  (2005 – 2012)
  • Management Support Manager PT AIA Indonesia (2003 – 2005)
  • Senior Internal Control PT. Argha Karya Prima Industry Tbk (2001 – 2003)
  • Corporate Efficiency Team pada Asia Pulp & Paper, Sinar Mas Group (1998 – 2001)

Education

Earned his Bachelor of Industrial Management & Technology from Parahyangan University in 1997.

Concurrent Potition

Director PT Alka Niaga Industri

Sucipto Tanro – President Director

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as President Director of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated June 28, 2024, the Deed No. 186 dated June 25, 2021 with a term of office until the end of the 2029 GMS.

Work Experience

  • President Director of PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati and CEO of PT. Alakasa Extrusindo (2017-2021)
  • President Director of PT. Jaya Inti Persada (2012 – 2016)
  • General Manager Commercial & Business Development PT. Holcim Indonesia Tbk (2008 – 2011)
  • Director of Operations PT. Pionir Beton Industri (1998 – 2008)
  • Structural Engineer and Manager in several oil Contracting and Consulting companies (1987 – 1998)

Education

Holds a Bachelor’s degree in Civil Engineering from the Bandung Institute of Technology (1987)

Concurrent Potition

  • President Director of PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati (formerly PT. Alakasa Alexindo Mitra Sejati)
  • Director of PT. Rheem Indonesia

Suryadi Hertanto – Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated June 28, 2024, No. 30 dated June 21, 2019 with a term of office until the end of the 2029 AGMS.

In 2003 – 2006 he joined the Company, then in 2013 he rejoined the Company holding various positions including:

  • As Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 73 dated June 10, 2016
  • As a Director of the Company in accordance with the Deed of AGMS No. 87 dated June 20, 2013, No. 100 dated February 26, 2013, No. 81 dated May 23, 2003

Work Experience

  • Director PT Bumi Grafika Jaya (1997 – now)
  • Jakarta Representative Manager PT Jasuindo Tiga Perkasa (1992-1997)
  • Finance Manager and Production Manager of PT Singa Java (1989-1992)
  • Finance Manager of PT Sarana Utama Aircon (1983-1989).

Education

Earned a Bachelor of   Economy from Diponegoro University, Semarang in 1982.

Concurrent Positions

Commissioner PT. Gesit Alumas

Bambang Rahardja Burhan – Vice President Commissioner – Independent Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as Vice President Commissioner of the Company in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated June 28, 2024, the Deed No. 30 dated June 21, 2019, the Deed No. 73 dated June 10, 2016, with a term of office until the end of the 2029 AGMS.

Since 2006 he has joined the Company holding various positions, including

  • As a Commissioner of the Company according to the Deed of AGMS No. 87 dated June 20, 2013, No. 71 dated 24 May 2010, No. 3 dated June 5, 2007, No.1 dated June 1, 2006

Work Experience

  • Country Chief Financial Officer at Standard Chartered Bank Indonesia
  • Finance Manager at Aviva Hong Kong
  • Vice President at City Bank Indonesia

Education

Earned his Bachelor of Economics from University of Hull, England in 1978 and obtained  several professional titles, such as Chartered Accountant in England, Chartered Accountant  in Singapore, and Chartered Financial Analyst.

Concurrent Position

Peng Tjoan – President Commissioner

Nationality Indonesia

Legal Basis of Appointment

Appointed as President Commissioner in accordance with the Deed of GMS No. 38 dated 28 June 2024, the Deed No. 186 dated June 25, 2021, with a term of office until the end of the 2029 GMS.

Since 2006 he has joined the Company holding various positions including:

  • As the President Director of the Company in accordance with the Deed of the GMS No. 30 dated June 21, 2019 and No. 73 June 10, 2016
  • As Vice President Director of the Company in accordance with the Deed of the GMS No. 87 dated 20 June 2013 and No. 76 on 12 August 2011
  • As a Director of the Company according to the Deed of the GMS No. 71 dated 24 May 2010, No. 3 dated June 5, 2007 and No. 1 June 1st 2006

Work Experience

  • Manager of Finance and Accounting in PT Determinan Indah (1993-1999)
  • Audit supervisor at the public accounting firm “Hans Tuanakotta & Mustafa” (1988-1992)

Education

  • Earned a Diploma in Accounting from Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta in 1987
  • Bachelor of Economics from Institut  Bisnis Manajemen Indonesia (IBMI), Jakarta in 2001

Concurrent Positions

  • President Director PT. Gesit Perkasa
  • Director PT. Gesit Alumas
  • President Commissioner PT. Alakasa Extrusindo
  • Commissioner PT. Alakasa Alumina Refineri
  • Commissioner PT. Alakasa Andalan Mitra Sejati